Home » » Modul Deskripsi Mineralogi

Modul Deskripsi Mineralogi

KATA PENGANTAR
Modul dengan judul “Deskripsi Mineralogi” merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan dalam siswa melakukan praktikum pengenalan mineralogi secara megaskopis pada Program Keahlian Geologi Pertambangan.

Modul ini mengetengahkan tata cara pengenalan macam-macam mineral pembentuk batuan yang meliputi : warna, kilap, cerat, belahan, pecahan, kekerasan, sifat dalam, berat jenis, kemagnitan, kelistrikan dengan menggunakan alat yang sederhana.
Dengan modul ini peserta Diklat  diharapkan dapat menjalankan praktek dengan cara menggambar, mengamati dan menentukan nama mineral tanpa banyak dibantu oleh guru pembimbing.

Mudah-mudahan modul ini dapat membantu para siswa dalam menjalankan praktikum pengenalan mineral secara megaskopis yang pada akhirnya dapat menentukan nama batuan berdasarkan komposisi mineralnya.

DESKRIPSI MODUL
Modul ini terdiri dari 4 (empat) bagian kegiatan belajar mengajar, yang mencakup bab 1 pendahuluan, bab 2 macam-macam sifat fisi mineral, bab 3 bentuk format laporan dan bab 4 beberapa contoh deskripsi mineral.
Pada bab 1, mencakup tentang pengertian mineral, maksud dan tujuan serta alat yang digunakan, sedang bab 2 mencakup mengenai : warna mineral, kilap, cerat, belahan, pecahan, kekerasan, sifat dalam, berat jenis, kemagnitan, kelistrikan.
Sedang pada bab 3 mengenai tata cara membuat format untuk keperluan laporan, sedangkan bab 4 mengenai beberapa sifat fisis mineral yang terpenting.

PRASYARAT
Untuk melaksanakan modul tentang deskripsi mineral secara megaskopis para peserta diklat diharapkan :
Ú  Para peserta diklat sudah menguasai dasar-dasar kristalografi
Ú  Para peserta diklat sudah menguasai dasar-dasar mineralogi
Ú  Mengenal macam-macam sifat fisis mineral

Ú  Mengerti alat dan penggunaannya  untuk determinasi mineral secara megaskopis

Popular Posts