Manfaat Hygiene dan Sanitasi

Manfaat Hygiene dan Sanitasi 
• Menjamin tempat kerja yang bersih 
• Melindungi para pasien dan karyawan dari faktor lingkungan pengolahan dapur rumah sakit yang dapat merugikan kesehatan fisik maupun mental. 
• Mencegah timbulnya penyakit menular. 
• Mencegah kecelakaan dalam bekerja. 

Hygiene penjamah/pengolah makanan 

Pemeliharaan hygiene dan sanitasi perorangan/penjamah makanan merupakan kunci dalam pemeliharaan hygiene dan sanitasi makanan.Sebagian besar kejadian pencemaran makanan disebabkan oleh tidak terpeliharanya hygiene dan sanitasi pekerja yang terlibat dalam proses pengolahan,pemasakan dan penyediaan makanan.Tindakan ini harus dilakukan dalam upaya pemeliharaan hygiene dan sanitasi pekerja/pengelolah makanan.

 Untuk itu seseorang tenaga penjamah makanan dan minuman harus mempunyai persyaratan-persyaratan sebagai berikut: 
1. Disediakan kamar ganti pakaian atau lemari pakaian tampak penyimpanan pakaian dan milik pribadi petugas.
2. Disediakan ruang istirahat dan ruang makan. 
3. Petugas yang berpenyakit menular,berpenyakit kulit dan mempunyai luka tidak diperkenankan bekerja langsung berhubungan dengan penjamah makanan. 
4. Sekurang-kurangnya setiap setahun sekali petugas yang langsung dengan penjamah makanan harus diperiksa kesehatan badannya oleh rumah sakit setempat. 
5. Petugas harus memiliki kebersihan hidup dan pakaiannya. 
6. Untuk petugas yang langsung berhubungan dengan penjamah/pengelolah makanan dan minuman pada qaktu bekerja harus selalu memakai pakaian bekerja dan tutup kepala.
7. Sewaktu melakukan pekerjaan yang langsung berhubungan dengan makanan dan minuman tenaga selalu dalam keadaan yang bersih.
 

Pengertian dan Contoh Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger